SERUNYA JELAJAH KOTA SURABAYA ALA AMAZING RACE PLANOPOLIS2013

IMG_Taman Apsari

Surabaya – Sabtu 30 Maret 2013, sebanyak delapan belas tim peserta harus berkeliling Kota Surabaya untuk menyelesaikan kompetisi Amazing Race. Amazing Race sendiri merupakan kompetisi yang masuk dalam rangkaian acara Planopolis 2013, event terbesar Himpunan Mahasiswa Planologi (HMPL) Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Para peserta Amazing Race harus menjelajahi Surabaya untuk menemukan keenam pos yang berlokasi di tempat-tempat bersejarah. Penempatan pos tersebut berkaitan dengan tema Planopolis tahun ini yaitu Urban Heritage. Keenam pos yang harus dilalui peserta adalah Kebun Binatang Surabaya, Tugu Pahlawan, Taman Jayengrono, Taman Apsari, Toko Gae Koen Tok, dan pos terakhir sekaligus finish bagi para peserta adalah kampus Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota ITS.

Pukul 07.00 WIB, seluruh tim yang bersaing dalam Amazing Race memulai tantangan awal pada pos pertama yaitu di Kebun Binatang Surabaya. Pada pos tersebut, para peserta harus mencari bendera yang pita warnanya sama dengan tali pada nametag masing-masing. Selanjutnya, peserta menuju pos kedua yaitu Tugu Pahlawan. Pada pos kedua, masing-masing tim harus menemukan stiker yang ada pada panitia dengan kata kunci yang cocok untuk bisa mendapatkan clue lokasi pos selanjutnya. Pos ketiga berada di Taman Jayengrono yaitu taman di depan Jembatan Merah Plaza. Game yang ada pada pos ketiga ini adalah menyelesaikan puzzle yang merupakan clue pos selanjutnya. Tim-tim tersebut kemudian melanjutkan penjelajahan menuju pos keempat yaitu Taman Apsari yang berseberangan dengan Gedung Grahadi Surabaya. Para peserta bermain menyamakan foto suatu tempat dengan alamat serta nama tempat tersebut di pos ini. Selanjutnya, pos yang dituju adalah Toko Gae Koen Tok. Kali ini, setiap peserta harus mencari orang yang mau memakai baju Gae Koen Tok kemudian mengupload fotonya di twitter dengan menyertakan mention untuk Gae Koen Tok dan Planopolis 2013. Terakhir, para peserta harus menyelesaikan games yang sudah disiapkan panitia di kampus PWK ITS.

Para peserta yang tampak kelelahan kemudian dipersilakan untuk masuk dalam ruangan PWK 105 untuk menikmati konsumsi yang dipersiapkan panitia Planopolis 2013. Setelah mengisi perut dengan satu kotak Bunarendang, tibalah saat untuk mengumumkan juara Amazing Race. Juara pertama diraih oleh Djoko Rahmad Santoso dan Afrizal Maarif dari PWK ITS. Juara kedua diraih oleh tim PWK UGM yaitu Addo Dhia Permana dan Anisa Fainaka disusul oleh tim dari Fakultas Kedokteran Unair, Andre Bayu Nugroho dan Ponti Herjuno yang berhasil menyabet juara ketiga. Semoga partisipasi dalam mengikuti Amazing Race ini bisa menambah pengalaman para peserta khususnya dalam mengenal tempat-tempat bersejarah di Kota Surabaya. (nkt)

Pemenang pertama Amazing Race

ImageKecerian para peserta selah mencapai finish di kampus PWK

IMG_Peserta AR

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s