SEMINAR NASIONAL CITIES 2012

Image

Surabaya – Rabu, 19 September, dihelat Seminar Cities 2012 di Gedung Robotika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Seminar Cities merupakan salah satu acara yang termasuk dalam rangkaian satu dasawarsa Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota ITS. Tahun ini, Seminar Cities mengambil tema “Tantangan Perkotaan di Masa Depan dari Berbagai Dimensi : Ekonomi, Sosial, Lingkungan, dan Kelembagaan.”

Pukul 07.30 WIB, para peserta seminar melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum masuk dalam Gedung Robotika. Acara diawali dengan sambutan Ketua Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota yaitu Bapak Putu Gde Ariastita yang kemudian dilanjutkan oleh Bapak Prananda selaku ketua panitia Seminar Cities 2012. Sambutan selanjutnya merupakan sambutan oleh Rektor ITS yang diwakilkan kepada Pembantu Rektor IV ITS.

Narasumber pertama ialah Drs. Syaifullah Yusuf yang diwakili oleh Ibu Lily karena berhalangan hadir. Pembahasan tersebut mengenai “Tantangan Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Wilayah Perkotaan Dalam Era Globalisasi.” Pada pukul 09.45, para peserta dipersilakan untuk menikmati hidangan coffee break yang telah disediakan. Setelah break, seminar dilanjutkan dengan bahasan mengenai “Tantangan dalam Pengelolaan Kawasan Perkotaan dan Best Practice di Kota Surabaya” oleh Bapak Maztri selaku Keynote Speaker dari Ir. Tri Rismaharini, MT. Selanjutnya, Bapak Johan Silas sebagai Keynote Speaker Ir. Hermien Roosita, MM menjadi narasumber “Tantangan Mewujudkan Harmonisasi Pembangunan Dengan Lingkungan Hidup.” Setelah dibuka sesi diskusi selama satu jam, pukul 13.00 peserta seminar serta undangan dipersilakan untuk ishoma. Usai ishoma, para peserta dapat memasuki panel-panel yang tersedia untuk diskusi panel pemakalah. Moderator panel merupakan dosen Perencanaan Wilayah dan Kota Institut Teknologi Sepuluh Nopember yaitu Dr. Ir. Rimadewi Supriharjo, MIP , Drs. Ir. Eko Budi Santoso, Lic.rer.reg , dan Heru Purwadio, Ir., M.S. Seminar Cities diakhiri dengan coffee break sore dan ditutup pada pukul 16.00

Gedung Robotika yang menjadi lokasi penyelenggaraan Seminar Cities tidak hanya dipenuhi peserta seminar saja. Beberapa stan makanan tampak meramaikan bagian depan gedung. Terlihat pula maket-maket karya mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota ITS yang dipamerkan bersama hasil karya peserta lomba fotografi bagi mahasiswa PWK ITS dan lomba menggambar dan mewarnai yang diikuti anak-anak asuh Liponsos Wonorejo Surabaya. (nkt)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s