KUNJUNGAN BEM FTSP KE REDAKSI JAWAPOS

Image

Surabaya, 19 Oktober 2012 – BEM Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) ITS mengadakan kunjungan ke Kantor Redaksi Jawa Pos di Graha Pena. Sebanyak 19 perwakilan turut serta dalam kegiatan kunjungan ini yang merupakan perwakilan dari Biro Media Informasi BEM FTSP dan perwakilan dari Media Informasi Himpunan Mahasiswa Jurusan yang terdapat di Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP). Rombongan tiba di lantai 4 Graha Pena pada pukul 14.45, yang kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video mengenai seluk beluk Jawa Pos. Tidak hanya sejarah Jawa Pos, dalam video tersebut juga ditampilkan beberapa inovasi dan tidak lupa prestasi yang berhasil dicapai Jawa Pos.

Rombongan kunjungan media BEM FTSP disambut oleh Ibu Indriyani yang merupakan Redaktur Halaman Metropolis di Jawa Pos. Ibu Indriyani memberikan banyak wawasan mengenai jurnalistik, khususnya dalam hak teknis media. Beliau menekankan, bahwa yang memberikan nilai plus pada Jawa Pos sehingga diminati banyak pembaca adalah gaya bahasa penulisan yang mengalir. Rupanya, pemegang peran penting dalam penyesuaian gaya bahasa tersebut adalah para copy editor, yang bertugas mengedit liputan wartawan sehingga dapat sejalan dengan gaya bahasa khas Jawa Pos. 

Sesuai dengan slogan Jawa Pos yang berbunyi, “Selalu Ada Yang Baru”, selalu ada inovasi yang dapat menarik masyarakat. Menurut Ibu Indriyani, Jawa Pos tidak hanya memiliki prinsip memberikan informasi ataupun menghibur. Jawa Pos, lanjutnya, saat ini sudah menginjak level untuk dapat menjadi agent of change, itulah mengapa sasaran pembaca Jawa Pos adalah “anak muda”. Walaupun Jawa Pos tidak mempunyai halaman khusus untuk mahasiswa tetapi Jawa Pos peduli dengan kegiatan-kegiatan mahasiswa yang positif seperti prestasi-prestasi yang dicapai mahasiswa dan seringkali ditulis di bagian Halaman Metropolis.

Salah satu concern Jawa Pos sekarang adalah penghargaan terhadap perempuan, salah satunya diwujudkan dengan halaman For Her. Uniknya, bukan hanya dalam bentuk halaman yang ditujukan untuk wanita, kantor redaksi Jawa Pos pun dicat dengan warna merah muda atau pink yang identik dengan warna kaum wanita. Selain itu, setiap hari Kamis, kru Jawa Pos juga mengenakan seragam dengan warna serupa.

Sharing dari pihak Jawa Pos yang berhubungan dengan media merupakan wawasan yang sangat diperlukan baik bagi Media Informasi BEM FTSP maupun HMJ. Beberapa tips yang dapat diterapkan adalah mengenai standar penulisan berita serta tampilan alternatif berupa grafis yang dapat mempermudah pembaca dalam memahami informasi yang disampaikan. (nkt/mar)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s