SURVEYOR TRAINING 2013, USAHA CALON PLANNER DALAM MENGADAPTASI TEKNOLOGI

ImageSurabaya –Departemen Keilmiahan dan Keprofesian (DKK) Himpunan Mahasiswa Planologi ITS mengadakan pelatihan yang bernama Surveyor Training 2013. Surveyor Training terbgai menjadi dua hari pelatihan yaitu Jumat, 24 Maret hingga Sabtu, 25 Maret 2013. Surveyor training tahun ini mengambil tema Be A Modernist, Special, and A Great Planner

Pada pelatihan hari pertama, materi diberikan oleh Bapak Nursakti yang merupakan salah satu Dosen Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota ITS. Materi yang disampaikan merupakan penggunaan Global Positioning System (GPS) bagi planner. Beberapa kegunaan GPS yang disampaikan pada Surveyor Training salah satunya adalah untuk mengetahui harga lahan yang memiliki variabel yang jumlahnya banyak dan bersifat dinamis. Selain itu, GPS juga memegang peranan dalam validasi lahan dan kombinasi antara statistik dan spasial.

Abdiel Hardwin, ketua panitia Surveyor Training 2013 mengatakan, tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membangun logika berpikir keilmiahan dan keprofesian di kalangan mahasiswa Planologi. Surveyor Training ini tidak hanya menarik minat mahasiswa dari PWK saja, tampak pula peserta dari luar jurusan yang berniat mencari ilmu dalam pelatihan tersebut. Pak Sakti mengakhiri materi pada hari tersebut dengan menyimpulkan bahwa GPS merupakan tools yang membantu dalam bidang perencanaan. Beliau menambahkan pesan bahwa sebagai calon planner, kita harus dapat mengadaptasi teknologi yang terus berkembang. Surveyor Training berlanjut ke hari berikutnya yaitu penerapan survei dengan cara terjun ke lapangan yang berlokasi di daerah Gebang. (nkt)

Image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s